Sabtu, 17 November 2018

Jejak pertamaku di Osaka dan Kyoto

PERJALANANKU KE Osaka Kyoto

Yang mau aku certain di halaman ini sebenernya intinya adalah perjalanan pertamaku setelah berhenti kerja.  Liburan bareng sama temen ( Yani) yang dulu kita pernah sama-sama tugas  tapi kali ini kita travelling seperti tugas cuma ga pake calling time, ga pake schedule dan bisa kita atur sesuka kita.  Awalnya rencana berdua, tapi ternyata temenku di yang tinggal di KL Kania  juga mau ikut bareng anaknya Sabilla. So tambah seru dong pasti kita pergi berame-rame.
Mulai deh aku browsing penginapan di www.booking.com dan pelajari tempat wisata yang ada di Osaka dan Kyoto, sekaligus rute rute perjalanan, transportasinya dll…. Kebetulan waktu itu aku sudah pakai epassport jadi aku cukup meregistrasikan passportku ke Kedutaan Jepang, sedang temen temenku,  mereka passport biasa so mereka harus bikin Visa Japan https://www.id.emb-japan.go.jp/visa.html. Siapin dokumen pembuatan visa trus kita minta tolong sama temen yang kerja di Travel tour.
Langsung aja yaa… kita ke perjalanannya…
Janjian sama Yani ketemuan di Terminal 2E, karena waktu itu tahun 2016 Garuda Indonesia www.garuda-indonesia.com masih menempati Terminal 2E untuk Internasional Flight nya. Sedangkan Kania dan anaknya berangkat dari Kuala Lumpur naik Airasia, tapi dengan jam berangkat yang hampir sama, maka kita landing di Kansai Airport Osaka juga hampir bareng, janjian ketemu di arrival area di Kansai.
Taraaaaa…. Kita sampe di Kansai… ternyata yang dari KL sudah duluan sampe….

Trus aku langsung ke loket buat beli ICOCA Card yaitu semacam emoney kalo di Indonesia, bisa buat naik Bus, naik Kereta subway, bahkan bisa buat jajan di Lawson atau 7eleven dan beli minum di vending machine.  Ohya..ICOCA ini kalau kurang juga bisa di top up dan machine top up nya banyak tersebar di stasiun-stasiun JR di Jepang. Naahh kalau sampe pulang isi ICOCA masih ada, kita bisa kembalikan di Bandara sisa uangnya bisa kita terima cash, kalau aku, aku habisin buat jajan kue kue atau beli minuman, dan kartunya ku bawa pulang, niatnya selain kenang-kenangan juga bisa buat pancingan….hahahaa…emang mancing ikan…   siapa tau kapan-kapan bisa ke Jepang lagi… gituu lhooh…

Penginapan yang aku pilih di dekat stasiun Shin-Imamiya, jadi exit dari stasiun langsung pintu masuk ke lobby Sun Plaza  Hotel, jangan bayangin hotel besar yaa… hotelnya kecil bingit, bobo nya pakai futon, sengaja aku pilih karena pengen tau gimana sih tidur pake futton itu yang khas tempat tidur Jepang, ternyata futton itu yaa kalo di kita mah kasur lipet….hahaha… udah tau siiyy…tapi cuma pengen rasain aja… biasa aja rasanya…. Hahaha…  trus yaa hotel ini kan kamar mandi nya share dengan tamu lain dan adanya di lantai dasar, jadi kalo mau mandi kita turun minta kunci ke resepsionis, resepsionisnya ga 24 jam, naahh kebayang ga kalo kita pulang jalan udah kemaleman, gak bisa pinjam kunci jadi ga bisa mandi,….tapi eeiitss… bukan berarti ga mandi lho, kita mah tetep mandi hanya saja pake kamar mandi berbayar…. Jadi kudu siapin uang koin ¥100 yen, untuk buka saluran air shower, kalau yang modelnya biasa mandi lama ya udah bisa siapin beberapa coin…  jangan sampe pas lagi bilas shampoo eeehh airnya mati, coinnya habis…hahahaa…. kayak ditelpon umum zaman dulu  kalo koin habis haloo...haloo...tuut..tuut..tuutt.... putus deh...
Pas sampai hotel kita bongkar koper ganti baju doong… or minimal ganti jilbab kan abis itu mau langsung jalan, supaya  pas foto-foto udah beda bajunya dengan yang tadi foto di Bandara…hahaha…
Tujuan pertama kita ke Osaka Castle, tempat ini agak jalan jauh setelah kita berhenti di stasiun JR terdekat, Osakajokoen Stasiun atau Tanimachi Yonchome.

Benteng Osaka merupakan simbol kota Osaka dan tempat yang paling wajib untuk dikunjungi. Tenshukaku (menara utama), taman yang mengelilingi benteng ini dan bangunan tinggi yang ada di Osaka Business Park, membuatnya menjadi pemandangan terbaik di Osaka.
Benteng Osaka didirikan oleh Hideyoshi Toyotomi tahun 1583, tetapi kemudian hancur ketika Osaka-Natsu-no-Jin (serangan musim panas Osaka). Setelah rekonstruksi pertama, benteng ini kembali hancur dalam kebakaran karena disambar petir. Benteng yang berdiri sekarang merupakan versi ketiga dan didirikan berkat sumbangan masyarakat Osaka, bukan oleh pemerintah, membuat benteng ini menarik.
Benteng yang terletak ditengah Taman Benteng Osaka bebas biaya masuk.
Walaupun untuk masuk kedalam benteng dikenakan biaya, tetapi didalam terdapat pameran barang-barang yang berhubungan dengan sejarah.
Tenshukaku berketinggian 54.8 m dari atas tanah dimana para pengunjung bisa melihat pemandangan panorama Osaka dari atas.
Waktu yang bagus berkunjung ke sini adalah bulan April ketika Bunga Sakura bermekaran, dan bulan Nopember ketika daun daunan mulai berubah merwarna warni. Selesai foto-foto di sini, kita ga masuk ke dalam Castle nya karena pake naik… udah kebayang pasti males naik- naik tangga…
Dari Castle kita udah lumayan capek dan ngantuk jadi memutuskan untuk pulang deh istirahat, karena besok kita masih ada waktu buat explore Osaka sebelum kita ke Kyoto

Hari kedua di Osaka, Sabilla mau ke Universal Studio, kita para emak nganterin dia sampe gerbang USJ, dia masuk dan kita foto-foto an aja depan USJ, sambil nyantai, karena emang niat kita kan backpack jadi nyantai ga diburu waktu, trus kita lanjutin perjalanan ke tempat wisata lain seperti yang sudah aku buat sebelum berangkat, ke Tempozan Ferris Wheel, ke Tsutenkaku Tower,  Tennoji Zoo, terakhir ke Dotombori Glico Sign.
Tsutenkaku Tower
Tempozan Ferish Wheel

Naahh yang ke Tennoji Zoo itu tiket masuknya ¥500 kita hanya butuh taman utk duduk dan makan bekal kita, karena pas waktunya lunch juga kan….. bekal yang kita bawa dari Indonesia ada rending, abon, sambel goreng teri kacang,,, belado bakso  cabe ijo… nasi nya kita beli di Lawson banyak yang jual mateng… jadi kita makan makanan Indonesia nasinya Jepang…. Keren kaan…. Iya aja deh yaa….
Tennoji Zoo. Turis Korea ini minta foto sama kita :))
Hari ketiga, pagi-pagi dah check out menuju Kyoto, koper besar kita titip di luggage room nya Sun Plaza hotel, tadinya mereka ga kasi, tapi pas aku bilang 2 hari kemudian kita punya reservasi di sini lagi dan mereka cek di komputernya, akhirnya dibolehin…. Berangkat ke Kyoto kita pake kereta dari Osaka Stasiun, aku lupa deh nama kereta keluar kota nya apa, yang jelas Osaka Stasiun ini adalah stasiun besar antar kota di Jepang. Perusahan kereta api di Jepang selain milik pemerintah, banyak juga perusahaan Kereta api swasta, yang melayani tujuan-tujuan tertentu, pokoknya kita cari aja yang tujuan Kyoto dan yang termurah tarif nya…. Namanya juga backpacker… apa-apa maunya murah dan praktis… ha ha ha….
Kyoto Stasiun

Sampe di Kyoto…walaahhh besar juga stasiun Kyoto ini, sampe nyari exit aja pake nyasar, karena exit nya banyak, tapi jangan kuatir,,, ada banyak konter-konter tourist information kita tinggal nanya…dan meraka semua helpful banget, jelasin sampe detail pakai maps, karena aku nanya sekalian arah jalan ke guest house yang sudah kita booking, lokasinya dekat dengan stasiun Kyoto.
Guesthouse Ekimae Kyoto
Sampe guesthouse masih jam 11pagi, kita masih belom boleh masuk kamar, jadi kita tunggu di ruangan sambil nunggu temenku yang tinggal di Kyoto kita sudah janjian, dan aku bawakan pesanan dia … dia minta dibawain cabe rawit ijo, langkuas, daun jeruk, sereh…hahahaa…. Kasihaan…katanya mau bikin soto, bahan bumbu itu ga ada di Kyoto.

Dia datang dengan bawain kita makanan aku lupa namanya…lumayan buat isi perut, dan kita langsung pergi, koper dititip aja, karena jam 4 sore kita baru boleh masuk.

Tujuan pertama adalah Fushimi Inari trus ternyata yaa kita cuma ke situ aja, karena sudah kesiangan, tapi trus malam nya kita eksplore Stasiun Kyoto yang besar dan megah, ada rooftop yang pemandangannya kota Kyoto , kalau jam 8 malam ada tangga yang lampunya berwarna warni…keren deh…
Fushimi Inari

Kuil Kyumizudera

Ngaso NgUDON halal
 Selama di Kyoto 2 malam ini kita explore tempat wisata ditemenin sama sohibku yang namanya Puji karena so pasti tinggal ngintil dia aja… naik kereta dan bus kita lakukan di sini, ada Kuil Kyomizudera , jalan-jalan di distrik Gion, jalan di gang gang kecil yang banyak toko souvenir kanan kirinya, kayaknya itu jalan turun pulang dari Kuil deh, banyak ketemu anak remaja putri  yang berpakaian tradisional Jepang lalu lalang, memang ada sih persewaan costum Jepang, tapi aku engga ah, selain waktu kita singkat di Kyoto, kalau sewa Cuma sebentar sayang sayang…trus kalo dipake jalan jalan kita harus balik ke tempat sewanya buat dibalikin,,, sedangkan kita belum tentu balik situ lagi,,,yaa kaan… jadi ya sudahlah…kita foto aja sama orang yang pake baju itu…hahaaa… biar lebih berasa Jepangnya….

Hari terakhir di Kyoto pagi-pagi kita dah harus balik ke Osaka, supaya ga kesorean, soalnya masih mau belenji belenji di Shinsaibashi shopping street, kemarin sih udah didatengin, tapi liat banyak sale, kita baru liat doing…. Gayanya dah kayak mau ngamuk belanja…hahahaa….
Bukan Promo H&M tapi emang lagi SALE

Shinsaibashi Shopping Street
Finally kita sampe di hari terakhir.... packing packing koper yang ga nambah tapi space belanjaan gantian sama space bekal makanan yang kita bawa dari Indonesia....

Segitu aja dulu yaa cerita Jejak ku di Osaka Kyoto yang pertama.... Insyaa Allah trip berikutnya akan tambah mengelegar.... minimal buat aku sendiri,,,hahaha....
@Kansai tetep narsis dan ga lupa Banana Tokyo yang waktu itu masih happening